Rahasia Menjaga Kualitas Printer Tahan Lama

Apakah jenis printer dan tinta printer Anda (Ink-Jet, Deskjet dan sejenisnya) kualitasnya menurun, dan tidak mendapatkan hasil maksimal. Hasil cetak bergarisgaris, atau lebih parah lagi tintanya tidak bisa keluar? Kondisi-kondisi ini sering terjadi karena Anda kurang perhatian terhadap beberapa hal yang peka dalam penggunaaan printer Anda. Kelalaian dalam merawat printer tinta menyebabkan kerusakan pada head printer secara temporary mampu permanen. Berikut ini cara menjaga kualitas printer Anda agar tetap awet dan tahan lama:

1. Gunakan printer secara periodik minimal 2 kali seminggu. Serta gunakan fasilitas clean head (software yang disertakan bersama dengan printer) untuk melakukan pembersihan nozle head secara teratur.

2. Bersihkan beberapa bagian printer secara berkala dari debu dan kotoran, jangan biarkan ada benda-benda asing masuk atau terjatuh ke dalam printer Anda. Jangan menggunakan lap basah oleh air saat membersihkan printer.

3. Jangan mencabut kabel printer saat mematikan printer, tetapi gunakan tombol on/off sehingga saat dimatikan, head printer akan kembali ke kedudukannya sehingga tinta tidak mudah mengering. Selain itu, saat menetak pastikan menggunakan kertas yang tidak berlipat-lipat melainkan gunakan kertas yang masih halus, karena jika tersangkut akan dapat merusak roller pada printer.

4. Usahakan untuk tidak menyentuh bagian elektrik dari cartridge seperti chip maupun head dengan menggunakan jari, karena listrik statis pada tubuh terkadang terkadang dapat merusak komponen. Apabila terpaksa membersihkan gunakan tissue dengan kualitas baik.

5. Jika menggunakan tinta refill, pastikan menggunakan refill kualitas baik, jangan mengisi cartridge terlalu penuh karena dapat menyebabkan terjadinya kebocoran pada cartridge dan dapat merembet pada motherboard printer.

6. Perhatikan wastepad (buangan tinta) printer Anda, ganti wastepad atau gunakan pembuangan luar sehinggatinta tidak akan meleber di dalam printer. Janga pernah membuka cassing printer, karena komponen printer hanya bisa di service oleh orang-orang yang benar-benar ahli.

7. Yang tidak boleh dilupakan yakni bersihkan bagian dalam printer setiap 1 atau 2 minggu, tergantung seberapa sering dan banyak Anda menggunakan printer. 8. Seluruh printer mempunyai software pertolongan untuk mengatasi permasalahan pada printer tersebut. Sediakan waktu untuk mempelajarinya. Mungkin saja informasi yang disediakan bisa menolong Anda mengatasi permalasahan ada printer Anda.

Sumber : http://www.TipsAnda.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s