Info Prakerin

Dalam Praktek kerja Industri pada tahun ajaran 2012-2013, Setiap Siswa yang mengikuti Prakerin, diharuskan membuat laporan prakerin sesuai dengan Program studi dan tempat prakerin masing – masing, dimana tugas ini sebagai salah satu syarat kelulusan prakerin………..Untuk contoh laporan prakerin bisa didownload di blog ini……………..

 

Sistematika penulisan :

Ukuran kertas A4 80 gram dan berwarna putih bersih

Margin Kiri 3 cm, Kanan 2 cm, Atas 1.5 cm dan bawah 1 cm

Menggunakan standar Bahasa Indonesia yang sempurna

Tiap halaman di beri nomor halaman di pojok kanan bawah

Cover tidak di beri nomor dan cover dibuat jilid Soft Cover.

Font menggunakan Times New Roman

Tiap bab baru adalah halaman baru

Struktur ukuran font bertingkat dari ukuran 20 (judul bab) sampai font untuk text body ukuran 11

Spasi Paragraf 1.5 dan setiap paragraf terdiri 10-15 baris kalimat.

Warna teks menggunakan hitam sempurna

Cover menyertakan logo SMK N 1 Kemlagi dan logo perusahaan

Jika ada gambar diberi keterangan sesuai dengan urutan dan mengacu dari bab, contoh BAB II dengan gambar 3 dengan penjelasan “warna RGB”, maka tulisan keterangan gambar adalah “ Gambar II.3. Warna RGB ”

Jika ada footnote, maka di letakkan paling bawah dengan ukuran 8-9 dan font nya dibuat miring (italic).

Struktur Laporan

Prakter Kerja Industri (PRAKERIN)

– Cover

– Ucapan terima kasih atau dedikasi atau moto

– Lembar Pengesahan

  1. Abstraksi
  2. Kata Pengantar
  3. DAFTAR ISI

BAB I Pendahuluan

I.1. Latar Belakang Kegiatan

Penjelasan kenapa di lakukan kegiatan PRAKERIN SMKN 1 Kemlagi, biasanya karena : kebutuhan dalam mengejar yang sudah menjadi arahan dari DIKNAS dan kurikulum Umum dan Khusus, Kebutuhan pendukung nilai dari perusahaan, kebutuhan mencari pengalaman di dunia kerja/industri dan kesiapan dalam mengembangkan kemandirian siswa.

I.2. Maksud

Maksud dalam kegiatan PRAKERIN/PKL tentunya adalah berperan serta dalam mengimplementasikan kemampuan/keahlian di dunia kerja.

I.3. Tujuan

Tujuan dari kegiatan PRAKERIN/PKL adalah mendapatkan pengalaman secara langsung baik dari segi Keahlian pelajaran kejuruan produktif maupun mendapatkan pengalaman dunia usaha.

I.4. Ruang Lingkup Kegiatan

Ruang lingkup kegiatan meliputi dan sesuai dengan kapasitas keahlian yang di kuasai siswa.

I.5. Waktu & Lokasi Kegiatan

Waktu yang ditentukan tentunya sesuai dengan surat ajuan yang di berikan ke pihak perusahaan

BAB II Landasan

II.1. Profil Perusahaan

Pada bagian ini adalah menjelaskan profil perusahaan baik Sejarah berdiri, layanan usahanya apa saja dan struktur organisasi.

II.2. Landasan Teori Produktif

Pada bagian ini adalah teori dari pelajaran produktif yang terkait dengan kegiatan PRAKERIN/PKL yang sedang dilaksanakan.

II.3. Kondisi Existing

Pada bagian ini di jelaskan apa saja yang terdapat di perusahaan yang terkait dengan kegiatan PRAKERIN/PKL, yang di utamakan adalah perangkat dalam mendukung kegiatan PRAKERIN/PKL produktif.

BAB III Kegiatan

III.1. Masalah

Dalam kegiatan PRAKERIN/PKL biasanya di perusahaan memiliki kekurangan atau masalah yang di hadapi, jika tidak ada masalah biasanya ada tugas dari perusahaan yang diberikan ke siswa, jadi pada bagian ini adalah menjelaskan hal diatas.

III.2. Pengumpulan Data

Dalam melakukan kegiatan tentunya di butuhkan data, baik dokumen, gambar atau video, juga dibutuhkan arahan apa saja yang di berikan pihak perusahaan. Pada bagian ini di jelaskan apa saja yang menjadi acuan dalam mengerjakan tugas yang sudah di tentukan.

III.3. Analysis

3.3.1. Normatif & Adaptif

Analisis menurut siswa, dari sudut pandang pelajaran Normatif & Adaptif atas masalah yang dihadapi dari kegiatan PRAKERIN/PKL.

3.3.2. Produktif

Analisis menurut siswa, dari sudut pandang pelajaran Produktif atas masalah yang dihadapi dari kegiatan PRAKERIN/PKL dengan melihat beberapa aspek pelajaran yang sudah di pelajari.

III.4. Tindakan

3.3.1. Teknis

3.3.1.1. Tindakan Berdasarkan Teori

Dalam menindak lanjuti hasil dari analisis diatas, tentunya mengacu dalam beberapa cara teknis yang sudah di ajarkan di kelas, apa saja yang dilakukan dengan di jabarkan secara jelas.

3.3.1.2. Inovasi & Improvisasi

Dalam mencari solusi, sering pelajaran yang di berikan di kelas tidak mencukupi, maka kreativitas siswa di tuntut mampu menjawab atas permasalahan yang timbul dengan membangun dan mengembangkan Inovasi & Improvisasi di lapangan.

3.3.2. Non Teknis

Pada bagian ini jika terjadi permasalahan yang tidak dapat di selesaikan secara teknis, tentunya di cari cara dengan Non-Teknis, jika ada di jelaskan dan di jabarkan.

BAB IV Hasil

IV.1. Teknis

Hasil dari tindakan teknis tentunya dapat dilihat dan dapat dibuat laporan dalam bentuk progres report atau bentuk gambar atau hasil karya.

IV.2. Non Teknis

Jika memang tindakan non- teknis di lakukukan dan membuahkan hasil atau mendukung dari hasil yang diharapkan, di jelaskan hasilnya dan di beri penjelasan.

BAB V Penutup

V.1. Kesimpulan

Kesimpulan adalah rangkuman tulisan dari BAB I s/d BAB IV dengan penjelasan dari inti tiap BAB dengan singkat, jelas dan padat.

V.2. Saran

Dari semua kegiatan yang di lakukan tentunya beberapa masih belum tuntas karena banyak faktor yang tidak mampu di lakukan siswa, pada bagian inilah di jelaskan apa saja yang diharuskan dalam bentuk saran.

Lampiran

L.1. Daftar Pustaka

L.2. Jurnal & Absensi

L.3. Dokumen Kegiatan

L.3.1. Dokumen Pendukung

L.3.2. Photo/Gambar

 

Kumpulan contoh laporan prakerin

Contoh Laporan TGB

Contoh Lap TGB1

Contoh Lap TGB2

Contoh Laporan TKJ

Contoh Lap TKJ1

Contoh Lap TKJ2

Contoh Lap TKJ3

Contoh Lap TKJ4

Contoh Laporan Akuntansi

Contoh Lap Ak1

Contoh Lap Ak2

Contoh Laporan Multimedia

Contoh Lap MM1

Contoh Lap MM2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s