Trik Mebeli Laptop

Buat kamu yang lagi ada rencana untuk membeli laptop, kamu harus tau dulu beberapa hal yang mungkin jadi bisa ngebantu segala tetek bengek akan laptop impian tersebut,hehehe…apalagi sekarang merk laptop ada buanyak buangetzz, belom lagi dalam satu merek ada banyak tipe, belom lagi tar tipe yang ini mirip banget ma tipe yang ini di merek ini.

Gini nih beberapa trik nya. :

1. SESUAIKAN KEBUTUHAN

Dari awal banget, kamu harus tau laptop itu nantinya mau dipake untuk apa? buat kuliah? buat kerja? ato buat desain-desain gtu? ato malah buat nge game? kenapa? karena kamu bakal banyak membuang uang kalo kamu beli lapto dengan spek yang terlalu tinggi gitu kalo hanya sekedar buat mejeng di mall atau buat kuliah di fakultas ekonomi. Happy

Udah gitu, kalo kamu beli laptop tu karena komputer desktop mu rusak, maka, cari lah yang layarnya paling enggak 15″, jadi ga kaget-kaget banget matanya. layar sebesar ini juga cocok kalo ternyata kerjaan kamu tu suka presentasi ke orang-orang atau ke klien.

laen halnya kalo kamu suka banget travelling around the world, carilah yang layarnya tu paling ga 12″, karena selain kita ngliatnya masih enak, bobotnya juga ga berat-berat banget, paling ga masih dibawah 1,5 kg.

2. MEMILIH PROSESOR

kembali ke kebutuhan juga nih, kalo kamu make laptop cuman sekedar bikin blog, ngerjain tugas kampus, pokoknya yang cuman berhubungan dengan word dan sebagainya, kamu ga perlu milih laptop dengan spek yang terlalu tinggi, celeron aja udah cukup, bahkan celeron jaman sekarang (terakhir kami tau sih berkode 550 (2.0 Ghz) itu udah kenceng loh.

beda lagi kalo kamu ternyata kerjaanya tu maen game terus lebih dari 6 jam sehari, atau kerjaan kamu tu suka ngedit video atau bikin desain jembatan layang gitu, yang kamu butuhin adalah komputer dengan spek dual core keatas (rekomendasi sih core 2 duo kalo duitnya cukup atau malah AMD aja, lebih murah tapi bagus.

3. MEMILIH JENIS LAYAR

walaupun kamu sudah menentukan ukuran layar, kamu juga perlu tau kalo layar laptop itu ada beberapa jenis, pilih layar dengan format wide untuk kepuasan dalam melihat.hehe.tapi kayaknya sekarang semua laptop jaman sekarang udah wide semua.

trus, jenis layar sendiri ada yang tipe glossy dan yang tidak glossy (matte), untuk tipe yang glossy akan terlihat terang dan lebih bersinar, namun memiliki kekurangan yaitu kita akan menjadi kurang nyaman dalam membaca, mata akan mudah lelah.

4. MEMORY

Random Access Memory atau RAM adalah salah satu bagian yang paling vital dalam menentukan kinerja suatu komputer semakin besar RAM tentu saja akan membuat sebuah laptop semakin powerfull, apalagi kalo kita banyak menggunakan beragam aplikasi sekaligus (multitasking)

kalo kebutuhan kamu adalah sekedar menulis dan sebagainya, maka pilihan RAM dengan ukuran 512 mb atau 1 GB adalah pilihan yang sudah cukup, lain halnya jika kamu menggunakan laptop untuk keperluan desain grafis, editing video ataupun untuk game, maka RAM yang ideal paling ga adalah 2 GB.

5. MEDIA PENYIMPANAN (HARD DISK)

kalo sebagian besar data mu adalah dokumen, maka hard disk 80 gb sudah cukup, kecuali kalo file kamu kebanyakan adalah film, lagu dan sebagainya, maka cari laptop dengan hard disk berukuran 160 gb keatas.

6. OPTICAL DRIVE

Sebagian besar laptop jaman sekarang sudah melengkapi dirinya dengan optical drive yang support DVD RW, terkecuali kalo kamu membeli laptop yang mini seperti asus eeePC atau acer Aspire one. sekedar saran, sering-seringlah mem back up datamu ke dalam CD/ DVD karena hard disk pada lapto sangat rentan terhadap goncangan. itulah kenapa sekarang pada setiap lapto (bahkan pada tipe yang murah sekalipun) sudah membekali dirinya dengan DVD RW, karena pihak pabrikannya pun tidak bisa menjamin 100% akan keamanan data kamu.

7. KONEKTIVITAS.

fitur yang satu ini sangat tergantung dengan kebutuhanmu, walaupun sekarang hampir semua laptop sudah membekali dirinya dengan beragam fitur konektivitas yang mumpuni, sebut aja card reader, beberapa port USB atau WIFI, jadi pilih yang paling sesuai dengan budget dan kebutuhanmu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s