Intel sisipkan Prosesor Sandy Bridge Yang Bisa Di Upgrade

Menjelang akhir musim panas yang lalu, Intel telah memulai program pengujian dengan Pentium G6951 yang dirancang untuk melihat bagaimana respon konsumen terhadap CPU upgradeable. Dan seiring berjalannya waktu, perusahaan yang sedang mempersiapkan rilis keduanya tersebut, tampaknya kini telah sukses dengan program percontohannya yang kali ini berdasarkan arsitektur Sandy Bridge.

Jajaran Pentium G6951 yang telah dipasarkan pada sejumlah kecil sistem yang ada, seperti Gateway SX2841, dan para konsumen memiliki pilihan untuk upgrade CPU tanpa melakukan pergantian secara fisik, melainkan hanya dengan membeli kartu khusus. Setelah kode pada kartu divalidasi oleh server Intel, pelanggan diberi firmware processor baru yang diaktifkan kembali beberapa fiturnya yang dinonaktifkan oleh produsen yang bersangkutan.

Dalam kasus Pentium G6951, proses ini membuka dukungan Hyper-Threading serta beberapa memori cache Tingkat 3 yang dinonaktifkan.

Berdasarkan temuan dokumen Intel oleh publikasi CPU-World, kini mengungkapkan bahwa pemasok chip raksasa Santa Clara tersebut telah memutuskan untuk mengambil pendekatan yang sama dengan keberadaan processor Pentium G622.

“Tool-tool eksternal yang mengidentifikasi string merek silikon juga bisa melihat perubahan: misalnya, upgrade kinerja processor Intel Pentium G622 untuk perubahan processor Intel Pentium G622 yang jumlah processornya dari G622 (yang siap diupgrade) ke G693 (setelah diupgrade)”.

Sejauh ini, belum diketahui fitur CPU yang seperti apa di Pentium G622 yang dapat dibuka melalui firmware. Lagipula  kemungkinan tidak hanya processor Intel Sandy Bridge Upgradeable saja yang diungkapkan, dan boleh jadi, perlakuan yang sama juga bisa diterapkan ke processor Intel lainnya yang belum dirilis seperti Core i3-2102, seandainya dilihat berdasarkan skema penamaan yang digunakan untuk CPU ini.

Pentium G622 tidak terdaftar dalam database processor Intel ARK, namun diperkirakan akan menampilkan spesifikasi yang sama seperti G620 (pemrosesan core ganda dengan clock sebesar 2.6GHz dan 3MB cache L3 yang di-share).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s