Tips Jitu Karir Melesat

Peningkatan karir setiap orang memang sangat berbeda satu sama lain. Ada yang memilih jalur lambat, tak sedikit juga yang mengambil jalan bebas hambatan. Bila jalur biasa yang Anda pilih, siap-siap saja dengan penantian panjang untuk memperoleh promosi. Tapi, bila Anda ingin bersinar dalam waktu cepat, simak tips berikut ini:

1. Temukan Gairah Kerja. Gairah kerja terletak dalam diri Anda. Cara menemukannya adalah dengan membuat sesuatu yang bisa membuat Anda bersemangat kerja. Misalnya, Anda bersemangat karena mengejar suatu proyek yang Anda inginkan, atau menggaet klien yang dianggap paling sulit untuk ditaklukan. Perlu diketahui tantangan adalah dasar motivasi. Dan untuk mendapatkannya, Anda harus masuk ke zona baru. Mengerjakan tugas yang Anda sukai pasti akan mengingkatkan kesuksesan.

2. Jadi Pemecah Masalah. Usahakan menjadi orang yang bisa menjadi tempat bertanya rekan-rekan yang lain. Jadilah orang yang mampu memberika solusi dari berbagai masalah. Meski Anda anak baru, bukan berarti Anda tidak mengetahui apa-apa, bukan? Pelajari semua masalah yang ada di kantor. Cari tahu apa penyebabnya, kemudian apa yang bisa menuntaskannya secara efektif? Misalnya jika Anda melek teknologi, Anda bisa membantu memberikan solusi dari masalah-masalah di kantor yang berkaitan dengan teknologi. Atau hal-hal kecil yang tidak terpikirkan oleh orang lain, seperti cara mengatur file mungkin? Tidak semua orang bisa mengatur file dengan benar dan tepat. Ilmu-ilmu ini bisa Anda dapatkan di toko buku atau bertanya pada orang yang lebih berpengalaman.

3. Buat Rencana dan Aksi. Anda tahu apa yang diinginkan? Mulailah dengan membuat rencana. Langkah berikutnya, tanyakan pada orang-orang yang telah bekerja di bidang yang Anda minati, bagaimaa cara melakukannya? Buat langkah-langkah strateis untuk mendapatkan hal yang sama, lalu beraksi lah. Target hanyalah sebuah target, bila tidak disertai dengan aksi.

4. Katakan Dengan Jelas. Jangan sembunyikan keinginan Anda dari kolega dan teman-teman. Pernyataan ini akan meningkatkan persepsi mereka dan mungkin pula akan meningkatkan nilai Anda. Jika tidka mengatakannya, bagaimana orang lain akan tahu? Dan bagaimana mereka akan membantu Anda? Jadi, bila menginginkan suatu proyek, atau berminta pada posisi tertentu, jangan sungkan mengatakannya. Siapa tahu ada yang mendengar dan menanggapi keinginan Anda.

5. Mintalah Tantangan Baru. Menerima dan meminta tantangan baru adalah teknik yang bisa memelihara minta dan energi tinggi. Sekaligus memberitahukan pada atasan bahwa Anda penuh semangat dan tidak ingin berada pada posisi yang sama. Tugas ekstra memungkinkan Anda memperlihatkan kemampuan dalam memecahkan masalah.

6. Buat Hubungan yang Saling Menguntungkan. Hubungan antar teman kerja dan pertemanan luar kantor sangat penting. Cipatakan pertemanan yang kompak dengan jaringan Anda. Biarkan mereka menjadi corong yang akan mengabarkan pada semua orang tentang keberhasilan dan prestasi Anda. Hal ini akan membuat Anda menjadi orang yang diperhitungkan di kantor dan dunia Anda.

7. Hindari Konflik. Gesekan dengan rekan kerja selalu akan terjadi. Sebaiknya jangan ditanggapi. Karena sekali Anda terlibat konflik, kesempatan untuk maju menjadi sangat tipis. Bisa-bisa kemungkunan promosi akan lewat begitu saja, hanya karena si bos tahu, Anda bermusuhan dengan ‘anak emasnya’. Sebaiknya tebarkan kebaikan. Kalau perlu jadilah sukarelawan untuk kerja di lapangan, atau kegiatan lain di kantor. Percayalah ini akan sangat berguna untuk masa depan karir Anda.

8. Tingkatkan Keahlian. Smeakin Anda ahli dalam suatu bidang, maka makin tinggi nilai jual Anda. Ikutlah berbagai pelatihan dan workshop. Bila kantor tidak bisa mendanai, jangan ragu menginvestasikan uang Anda demi mengamankan karir Anda.

9. Tunjukkan Kepemimpinan. Peningkatan karir belum tentu membuat seseorang mampu memngelolanya, karena itu persiapkan diri Anda untuk menjadi pemimpin, meski Anda baru berstatus calon karyawan. Di saat yang tepat kemampuan Anda akan sangat diperlukan. Tak perlu menunggu jadi pemimpin terlebih dahulu untuk memperlihatkan kemampuan ini. Ketika Anda memberikan arahan yang efektif, nasihat dan pengambilan keputusan yang tepat pada rekan atau anggota tim, itu adalah kesempatan menunjkkan kemampuan memimpin

sumber : http://tipsanda.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s